Kendaraan,
baik mobil ataupun sepeda motor, butuh perawatan. Tujuannya jelas, agar
kendaraan tetap nyaman dipakai dan awet tidak cepat rusak. Memang butuh pengetahuan,
minimal pengetahuan dasar yang sebaiknya diketahui. Dan itu bisa dilakukan
hanya jika kita memang mau perhatian terhadap kendaraan kita. Misalnya saja,
cek rutin ke bengkel, tentu mesti kita perhatikan. Jangan sampai menunggu mogok
atapun rusak. Lalu gimana cara merawat kendaraan kita?
***
***
Hidup
di Jakarta yang soal transportasi masih menghadapi masalah klasik, kemacetan, butuh sarana
transportasi yang mampu mengantarkan segala aktivitas kita. Selain transportasi
masal, ada kendaraan pribadi yang bisa menjadi alternatif. Sepeda motor.
Sepeda motor lebih lincah di jalanan yang padat kendaraan. Rerata dalam kondisi kerja normal, motor menjadi pilihanku, juga ojek online. Menghadiri undangan acara, liputan ngeblog, jalan-jalan, ‘ngider’ hunting foto dan lain-lain. Mobil hanya saat-saat tertentu, seperti keluar kota ataupun saat weekend yang kondisi jalanan sedikit ‘lega’.
Sepeda motor lebih lincah di jalanan yang padat kendaraan. Rerata dalam kondisi kerja normal, motor menjadi pilihanku, juga ojek online. Menghadiri undangan acara, liputan ngeblog, jalan-jalan, ‘ngider’ hunting foto dan lain-lain. Mobil hanya saat-saat tertentu, seperti keluar kota ataupun saat weekend yang kondisi jalanan sedikit ‘lega’.
Mobilitas
kendaran yang kugunakan setiap harinya, aku sadari betul butuh perawatan yang
rutin. Misalnya untuk sepeda motor, aku tak pernah lupa, karena sudah terjadwal
rutin seperti servis berkala. Tentu dong oli harus ganti, kampas rem harus di
cek, kondisi ban mesti dipastikan masih dalam kategori aman dan lainya. Begitu
pula dengan mobil jadulku, cek ringan dan servis berkala tetap kuperhatikan.
Pastinya
motor harus dikondisikan menjamin keamanan dan kenyamanan. Sedikit saja merasa
ada yang tak beres dengan gelagat sepeda motor, mesti harus dicek. Sedikit
banyak aku paham mesin siih. Karena sering otak atik motor, sejak jaman sekolah
menengah atas (SMA).
Dulu merawat sepeda motorku aku bisa lakukan setiap hari,
seiring dengan waktu yang ada. Membersihkan bodi, cek ringan, begitu detail
kulakukan. Ibaratnya, satu sekrup atau mur yang hilang, aku pasti tahu hehe.
Laaa tiap pagi kulap biar kinclong sebelum berangkat sekolah.
Namun
sekarang, saat sibuk kerja agak jarang. Aku lebih banyak menyerahkan ke bengkel
untuk menangani. Yaa pastinya ada alokasi anggaran perawatan setiap 3 bulan.
Yang jelas aku perhatian deh dengan kondisinya. Toh buat dipakai sendiri juga,
biar aman dan nyaman.
Bagiku,
kita harus berupaya membekali diri dengan pengetahuan perawatan kendaraan kita.
Gak perlu tau kayak teknisi motor siih. Yang jelas bisa dan peka terhadap
segala gejala tak normal di kendaraan.
Pengetahuanku
soal perawatan motor bertambah, setelah mengikuti acara diskusi “Merawat Motor Semudah Senyum” yang
diinisiasi oleh Mobil123.com di The Hook Restoran, Jakarta Selatan, Selasa 25
April 2017. Keikutsertaanku di acara tak lepas dari joinnya aku di Komunitas
Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Dan benar-benar acara bermanfaat karena
menyentuh area kebutuhan sehari-hari.
Narasumber
dihadirkan yang mengupas dari sisi yang berbeda tentang perawatan motor. Mereka
adalah Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com, Syafudin selaku Sales
Region 3 PT Pertamina Lubricants, Agung Prabowo selaku Technical Specialist
Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants, Intania
Prionggo selaku Public Relation PT Pertamina Lubricants, dan Ipoet Kusumonegoro
(Lady Biker).
Nama
terakhir ini adalah putri dari comedian kawan Indro Warkop. Cocok banget,
mungkin kegemaran Ipoet terhadap moge/ motor gede menurun dari sang ayah. Ehhh
kok yang dihadirkan Lady Biker yaa. Hmmm keknya siih karena berkaitan
dengan merayakan Hari Kartini tiap 21 April seeh. Cocoklah.
Dalam
acara Indra Prabowo mewakili Mobil123 sebagai Portal Otomotif No.1 di Indonesia
berperan sebagai moderator. Ini kali kedua aku bertemu dengan Indra yang sempat
membuat kaget di pertama acara dulu di tempat yang sama. Kagetku karena Indra
ini mirip banget dengan kawanku dulu yang sedang menuntut studi S3 di Portugal.
Beneran ini. Ekspresinya senyum dan ramah selalu.
Ehh,
kembali ke laptop hehee. Menurut Indra, acara digelar bertujuan untuk berbagi
wawasan tentang merawat motor. Nampaknya
Mobil123.com memang bukan hanya soal jual beli mobil saja, namun berbagi
informasi yang dibutuhkan oleh pengguna motor.
Secara pertumbuhan pengguna motor meningkat pesat.
Intania Prionggo. (Foto GANENDRA) |
Apa
yang disampaikan Indra diamini oleh Intania Prionggo di kesempatan yang sama.
Wanita cantik ini menyatakan agar pengguna motor tidak lalai merawat
kendaraannya, khususnya kaum hawa yang mendapat predikat malas merawat motor.
Dan
kehadiran Ipoet menjadi menarik, karena sebagai Lady biker, Ipoet adalah sosok
wanita yang sangat peduli dengan motornya, khususnya moge. Menurutnya meski
cewek ia melakukan sendiri perawatan motornya. Membersihkan bodi hingga
kinclong, serta service. Baginya motor harus diperhatikan.
“Merawat
motor seperti merawat pacar sendiri," kata Ipoet yang tentu bukan
bermaksud bercanda.
Merawat
dari sisi sederhana, misalnya melap tiap hari. Membersihkan dari debu,
memanaskan mesin meski tak hendak bepergian dan sebagainya.
Ipoet. (Foto GANENDRA) |
Nah
yang menarik dan bermanfaat banget adalah tips merawat motor yang disampaikan
oleh Agung Prabowo. Sebagai teknisi, beliau tentu sangat memahami seluk beluk
perawatan motor dan mesin.
Mungkin apa
yang disampaikan Agung sudah kita lakukan. Dan mungkin juga ada yang belum kita
lakukan. Pastinya bisa mengingatkan jika dalam perawatan motor ada sisi-sisi
yang terlupakan. Ada
beberapa aspek yang aku simpulkan dari pemaparan Agung. Semoga bermanfaat
yaa.
Agung Prabowo. (Foto GANENDRA) |
Oli itu Penting, Jangan
Sampai Telat Mengganti,
Beresiko pada Mesin
Oli
dikenal umumnya berfungsi sebagai pelumas. Seiring fungsinya yang memang untuk
melumasi mesin agar terhindar dari gesekan kasar. Ini meminimkan keausan. Jadi
motor bisa awet, tahan lama. Maka di dalam blok mesin ada oli dengan SAE/
kekentalan tertentu yang mesti diganti secara berkala. Patokannya sihh bisa
dari jarak tempuh ataupun dari waktu lamanya. Mana yang akurat?
Kalau
aku siih pakai perasaan hehehe. Keliatan encer yaa ganti. Atau gampangnya yaa
bawa ke bengkel, montirnya akan tau. Kalau mobil lebih mudah, karena ada
catatan jadwal ganti olinya. Tentunya di bengkel resmi dong yaaa.
Eehh
ternyata fungsi oli bukan hanya sebagai pelumas loor. Ini ditegaskan Agung. Menurutnya fungsi oli ada tiga yaitu clean
(membersihkan), lubricate (pelumas) dan cool (pendingin). Makanya kadang selain oli yang sudah lama terpakai
keliatan encer juga warnanya kehitaman. Itu fungsi membersihkan mesin.
Fungsi oli. (Foto GANENDRA) |
Cek Rutin Aki Agar Gak Cepat Soak
Aki?
Jelas ini penting bro sis. Pasalnya aki berhubungan dengan kelistrikan. Gunakan
aki yang tepat dan selalu di cek. Untuk aki basah, ada upper, lower yang harus
diperhatikan saat mengisi air. Pertahankan batas antara air aki. Biasanya ini
sudah masuk dalam daftar service rutin di bengkel.
Namun kita sebagai penggunanya, tak ada salahnya mengontrol dalam setiap kesempatan. Jika luput dari perhatian, aki bisa soak alias rusak, tak sempurna. Akibatnya berdampak pada kelistrikan. Tentu bisa ganti baru, namun khan nambah cost. Sayang khan?
Namun kita sebagai penggunanya, tak ada salahnya mengontrol dalam setiap kesempatan. Jika luput dari perhatian, aki bisa soak alias rusak, tak sempurna. Akibatnya berdampak pada kelistrikan. Tentu bisa ganti baru, namun khan nambah cost. Sayang khan?
Gimana Kondisi Rantai, Kendor
ataukah Kekencangan
dan Gir Apakah Sudah Lancip?
Menurut
agung, rantai dan gir harus dicek sebelum berkendara. Apakah sudah kendor atau
malah terlalu kencang. Dan Gir, cek apakah sudah bergerigi tajam, lancip-lancip
atau belum. Ini penting untuk keamanan.
Dulu
aku tuh bingung, rantai itu katanya bisa ‘molor’ atau memanjang. Laa khan
terbuat dari besi, kok bisa molor. Ternyata akibat gir yang aus. Dan pernah
kejadian saat gir yang sudah lancip giginya, telat diganti. Akibatnya rantai
bisa ‘mrusut’, lepas dari gir, tak bisa menggigit lagi. Ini bahaya banget saat
motor dalam kondisi melaju. Bisa jatuh karena rantai terkunci tak berputar
karena terjepit. Sumpah jangan sampee dah kejadian lagi!
Bagaimana Kondisi Busi dan
Kabel Koil,
Apakah Masih Layak Pakai?
Busi
meski bentuknya kecil begitu, tapi sangat vital bagi kendaraan. Tanpa busi
gimana motor maupun mobil bisa ‘dinyalakan’ alias distarter. Busi yang
kondisinya bagus akan menghasilkan api yang bagus pula. Sebaliknya busi yang
kotor dan kondisi mengahsilkan api tak stabil, yaaa pengapiannya tak sempurna.
Maka perlu di cek berkala. Karena busi punya daya tahan terbatas.
Dan
jangan lupa kabel koil yang terhubung ke busi. Kabel ini menghubungkan arus
listrik ke busi. Jangan sampai lecet, rusak, retak yang dapat menghambat,
mengganggu hubungan arus listriknya.
Selang Bensin Jangan Mampet,
Kalau Mau Berkendara Nyaman
Nah
ini juga penting. Selang bensin rentan bocor. Apalagi jika sudah lama
digunakan. Bisa mampet, buntu tak bisa lancar aliran bensin ke ruang pengapian.
Perhatikan saat isi bensin sebaiknya di SPBU resmi, karena kualitas BBMnya
tetap terjaga.
Aku
sendiri pernah mengalami kendaraan ‘anjrut-anjrutan, seperti habis bensin. Gak bisa ‘lari’ saat digas. Dan ternyata
memang selang bermasalah akibat kotoran yang mungkin terbawa dari bensin yang
kurang bagus karena membeli di sembarang tempat.
Jangan Asal Jalankan Motor,
Panasin Dulu
Menurut
Agung, memanaskan mesin sebelum dijalankan sebaiknya dilakukan. Yaa sekitar 1-2
menit cukup. Tapi kalau sepeda motor yang jarang dipakai, sebaiknya dilakukan
pemanasan rutin. Tujuannya agar oli tidak mengental. Ini berhubungan dengan oli
sebagai pelumasnya. Olehkarenya penggantian oli secara rutin penting.
Patokannya bisa sesuai rekomendasi pabrikan, memakai bulan/minggu, bukan hanya
berdasar kilometer.
Pelumas
sintetik lainnya adalah Fastron dengan NanoGuard Technology, ini pelumas
sintetik terkini yang berkualitas tinggi. Ada 3 Faston yakni Fastron Platinum,
Fastron Gold, dan Fastron Techno. Faston ini memiliki kemampuan optimal
melindungi mesin, sekaligus memberikan performance dan akselerasi yang mumpuni.
Eeh juga ramah lingkungan loorr.
Perhatikan Tekanan Angin Ban,
Sesuaikan dengan Ukuran Standar
Lakukan
pengecekan tekanan angin ban yang diizinkan sesuai ban yang dipakai. Ikuti
ukuran yang standar. Jangan terlalu
keras ataupun kurang angin. Pasalnya bisa membuat tidak nyaman saat berkendara. Keras saat berlebih anginnya bikin gak
nyaman. Boros bahan bakar jika tekanan angin ban kurang. Sooo sesuaikan.
Benar
juga yaa, soalnya kalau kurang angin, tentu gesekan ban dengan jalanan semakin
tebal. Bikin berat deh.
Jangan Sembarangan
Menggunakan Part,
Gunakan Sesuai Rekomendasi Pabrikan
Sebaiknya
gunakan part sesuai rekomendasi pabrikan. Ja ngan terpaku atau hanya berpatokan
pada merk/ brand. Kualitas tingkatan
part ada di manual maintenence yang terdapat di buku servis.
Kalau
aku siih, soal part sebisanya adalah original. Kecuali lebih bagus juga lebih
tahan lama dan nyaman untuk berkendara. Apalagi kalau partnya kurang bagus
mutunya, malah bikin ribet, karena jadi keseriangan ganti. Iya thoo?
Cuci dan Salon Motornya,
Agar Kinclong
dan Terlihat Baru Terus
Senada
dengan Ipoet ini, motor mesti masuk salon dan dicuci. Tujuannya bukan hanya
akan terkesan bersih, tapi juga akan membuat motor menjadi awet dan tampak baru
terus. Senang khan jadinya mengendarainya?
Tapi
jangan lupa untuk memperhatikan bagian-bagian tertentu agar tidak kemasukan
air. Misalnya saja, knalpot, kelistrikan dan karburasi untuk motor model lama.
Nah
berkaitan dengan tips merawat motor ala Agung diatas, satu hal yang perlu
diperhatikan adalah soal oli. Oli yang vital dalam merawat mesin, menghindari
gesekan/ aus sekaligus membuat mesin bersih.
Menarik
untuk menjadi pertimbangan dalam memilih oli, seperti disampaikan Syafudin
selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants. Pertamina Lubricants ternyata
sudah memiliki produk oli dengan spesifikasi yang cocok digunakan motor. Bahkan
Lamborgini, mobil yang bergengsi itu memakai produknya.
Untuk
sepeda motor yang digunakan sehari-hari, ada produk Enduro Matic G dengan spesifikasi SAE 20W-40 API SL JASO MB. Oli
ini berbahan baku semi sintetik, wangi, dan telah didesain untuk perlindungan
terhadap keausan, konsumsi BBM dan akselerasi optimal. Soo pasti ‘ramah’ bhuat
pelumas mesin.
Ada
juga Meditran SX Bio dengan spesifikasi SAE 15W-40. Pelumas ini menawarkan
kemampuan sebagai pembersih yang bagus, pelumas optimal dan terlebih penting
adalah ramah lingkungan, ‘go green’. Semangatnya kekinian banget khan.
Syafudin. (Foto GANENDRA) |
Sooo,
jika oli yang digunakan sudah berkualitas oke, part-nya juga oke, maka yang tak
boleh dilupakan adalah perawatan. Mengenali tips perawatan kendaraan menjadi
penting. Maka aku senang bisa berbagi postingan yang aku yakin sedikit banyak
bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini. Secara pengguna motor di tanah air sudah
bukan barang mewah lagi alias populer digunakan sehari-hari. #SalamOtomotif
@rahabganendra
Jadi kapan terakhir cuci motor Mbah? :D
BalasHapusga sempat nyuci sendiri...bawa ke pencucian :D
HapusTips merawat motornya bila dijalankan dengan baik insyaAllah motornya awet ya Mas :)
BalasHapusbener Wann....motor disayang2 akan awettt deh hehee
Hapuskelihatannya sepele ya..padahal kalau sampai nggak ganti oli aja bisa ngerusak mesin :)
BalasHapusyup..oli tuh darahnya hehee
BalasHapusOlie atau pelumas termasuk bagian penting dalam perawatan kendaraan ini ya? :)
BalasHapusProduk Pertamina bisa jadi referensi
yoii teh...produk2 pertamina mah udah lamaa pakaenya hehe
HapusTerutam oli, memang selalu jadi perhatian khusus dalam merawat kendaraan ya mas, terimaaasih tulisannya mas
BalasHapusbetul kang..oli vital tuk bikin mesin awettt...jgn sampe lupaaaaaaaa
HapusJaga keselamatan ya oom . Pulanglah dengan selamat. Keluarga menunggu oom di rumah. Pakai oli nya yang terbaik ya oom!
BalasHapusSekia
pastinyaaa papyyy #duokyh .... pertamina jd andalan :D
HapusTernyata, penting bener ya ngerawat kendaraan itu loorr. Bahaya kalo ndak dirawat.
BalasHapusbiar awet, tahan lamaaa, dan motor jadi antik sepanjang masa, makin bernilai historinya :)
HapusMakasih ya mas buat tips2nya jd dingetin buat rajin2 nyuci motor hehehe
BalasHapusyup...sami2...jgn lupain motor....spt ma pasangan :)
HapusSama Mas, aku juga lebih suka pake motor kalo lagi urgent dan dadakan. Gak keburu kalo naek mobil. Eh, by the way tips-tips yang dibagi top uy!
BalasHapusyoiii Dede, ibukota getu loorrrr....
HapusSetuju Bang Rahab, kaga perlu pintar seperti teknisi bengkel yg penting peka dengan kendaraanya sendiri itu udah cukup ya
BalasHapusyup...tau dan peka ngrasa motor kapan minta dirawat hehee
Hapussebagai perempuan, saya perlu diatas jadi biar ga kudet dan tau merawat motor
BalasHapusitu baruuu....perempuaannn perhatian hehee
Hapus