Senin, 06 Mei 2019

DFSK Glory 560 Fitur Berlimpah, Ringan di Kantong

Booth DFSK Glory 560, di ajang di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang digelar mulai 25 April 2019 dan berakhir 5 Mei 2019. (Foto Rahab Ganendra)

DFSK Glory 560, menyita perhatian banyak banyak pengunjung di ajang di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang digelar mulai 25 April 2019 dan berakhir 5 Mei 2019. Mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) dengan 7-seater memang menggiurkan untuk pasaran otomotif di tanah air. Performanya mumpuni, karena DFSK Glorv 560 dipersenjatai mesin turbocharger berkapasitas 1,5 liter. 

Daya tarik lainnya adalah soal harga dan garansi yang “tak biasa”. DFSK Glory 560 yang diproduksi PT Sokonindo Automobile di pabrik modern dengan prinsip Industry 4.0, di Cikande, Serang, Banten ini menjadi yang pertama di Indonesia yang menawarkan super warranty 7 tahun/150.000 km. 

Harga jual saat pameran IIMS 2019 paling murah meriah. Harga untuk seri Glory 560 1.5T M/T B Type dibandrol Rp 189 juta! Ini harga gila murahnya untuk mobil jenis SUV. Lalu seperti apa seeh mobilnya?

Booth DFSK Glory 560, di ajang di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang digelar mulai 25 April 2019 dan berakhir 5 Mei 2019. (Foto Rahab Ganendra)
Jujur, kalau diminta memilih kebutuhan mobil, aku suka jenis mobil SUV. Kenapa? Muatnya banyak, bisa buat rame-rame sekeluarga ataupun rombongan 7 orang. Sebuah tipikal mobil penumpang yang tangguh. Tak heran mobil jenis SUV selalu mendapat ruang pasar yang cukup menjanjikan di pasaran otomotif tanah air. 

Seleraku nampaknya sama dengan kebanyakan orang, saat aku ke area booth DFSK di Hall A7 Telkomsel IIMS 2019 Kemayoran pada Rabu, 1 Mei 2019 lalu. Ramai banget dikunjungi. Nampaknya pengunjung tertarik dengan tujuh mobil yang dipajang, terdiri dari DFSK Glory 560 dan DFSK Glory 580 yang merupakan mobil terbaru untuk konsumen di tanah air.  

Jadi penasaran, apa seeh yang ditawarkan oleh mobil SUV yang menggandeng Agnes Mo sebagai brand  ambasador-nya itu? 

Ini neeh, hasil aku ikutan Blogger Gathering bareng Kompas.com dan DFSK pada 1 Mei 2019 lalu. Selain talkshow dengan narasumber dari DFSK, aku berkesempatan menjajal sebagai penumpang di area IIMS 2019. Ternyata DFSK Glory 560 ini disematkan fitur yang berlimpah. Fitur yang menjamin kenyamanan dan keamanan penggunanya. Itu pasti utama buat pengendara bukan?

Fitur-fitur yang disematkan di badan DFSK Glory 560 itu sekaligus menopang keunggulan spesifikasi di kelasnya. Yang jelas DFSK Glory 560 ini menawarkan kemampuan tenaga dan torsi mesin turbo yang  cukup besar. Terus ada pilihan transmisi otomatis dan manual.

Untuk jangka waktu 7 tahun, jangan pusing soal perawatan dan risiko, soalnya ada garansi 7 tahun/150.000 km. Dah getu fiturnya berlimpah ruah. Mau apalagi?

"Kita memberi garansi 7 tahun per 150.000 km," jelas Ibu Arviane D.B selaku  PR & Digital Manager saat talkshow tentang DFSK Glory 560.
Ibu Arviane D.B selaku  PR & Digital Manager saat talkshow tentang DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)
(KI-KA) Mas Aris Harvenda selaku Redaktur Otomotif Kompas.com, Ibu Arviane D.B selaku  PR & Digital Manager dan Bpk Sugiartono selaku Product Technology & Training Team PT. Sokonindo Automobile saat talkshow tentang DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra) 
Gak heran deh, si Rally Marina mantan pembalap dan pemerhati otomotif pun kepincut dengan kemampuan dan performa mobil asal Tiongkok ini. 

Lebih jelasnya, ini neh pengalamanku melihat mobil DFSK Glory 560 di pameran IIMS 2019. Berawal dari tampilan luar, dalam lalu merasakan di dalam kabin.
Booth DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)
Pandangan Pertama pada Tampilan Luar 

Ada  DFSK Glory 560 warna putih yang dipajang di area booth DFSK IIMS 2019. Yang langsung terlihat di mataku adalah tongkrongannya berkesan muda dan gagah. Karakter SUV yang stylish sangat menonjol. 

Untuk tongkrongan yang gagah, rasa milenials, DFSK menyematkan Active Stylish Design melalui garis bodi samping yang  dinamis membentuk lekukan, ditambah penggunaan sporty wings - shaped grille dengan krom. Garis bodi dinamis membuat tampilan SUV ini sporty dan gagah. Mencerminkan sebuah SUV, Glory 560 dilengkapi dengan roof rail.

Mataku menuju bagian depan. Lampu. Lihat lampunya. Lampu utama model hawk-eye dengan LED Daytime Running Light. Dilengkapi adanya roof rail, shark fin antena modern, serta alloy wheel berukuran 17 inci. Grille depan didesain membentang seperti sayap. Lampu depannya dirancang tajam. Mobil dilengkapi dengan LED Daytime Running Light untuk meningkatkan keamanan berkendara di siang hari. 
Aku di booth DFSK Glory 560, di ajang di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang digelar mulai 25 April 2019 dan berakhir 5 Mei 2019. (Foto Teddy)
Lanjut ke bagian kaki-kaki alias roda. Untuk peleknya tampak sporty. DFSK Glory 560 menggunakan pelek 2 warna alloy berdiameter 17 inci. 17 inci? Ini menjadi standar keluaran pabrik loor. Biasanya kalau mau pelek ukuran  segetu mesti ganti sendiri. Persis seperti yang dibilang Mas Aris Harvenda, Redaktur Otomotif Kompas.com di acara talkshow yang digelar di Hotel Swiss Belt in Kemayoran Jakarta.  

Oke pelek roda sudah, lanjut lihat bagian belakang. Desain simple seeh, tapi terkesan ‘kuat’ karakter SUV-nya. Di DFSK Glory 560 dibekali shark fin antenna yang bikin tampilan mobil lebih modern. 

Untuk lampu rem, terdapat LED dengan posisi yang lebih tinggi untuk memberikan informasi secara jelas bagi pengendara di belakang. Di belakang juga sudah terdapat foglamp untuk memberi informasi pengendara lain. Ini jelas bikin berkendara jadi lebih aman, buat diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

Lihat Bagian Dalam, Interior yang Modern

Coba masuk ke dalam. Nah kalau mau buka pintu depan, kunci pintu, simple, tak perlu lagi anak kunci. DFSK Glory 560 sudah dibekali Smart Key & Keyless Entry. Gampang banget. 

Kesan yang aku rasakan kali pertama melongok bagian kabin dalam, DFSK Glory 560 terlihat modern. Memakai material soft touch. Jok kursi depan dan lainnya dilapisi kulit dengan jahitan rapi. Kesan lega langsung terasa. Lapang. SUV getu loor dengan 7 penumpang dewasa. 

Duduk di jok driver, cukuplah untuk porsi badanku yang sedang. Gak tinggi dan gak pendek. Tinggiku hampir 170 cm (kalau belum menyusut seeh hihii). Postur asli orang Indonesia getu loor. Hehee. 
Kabin DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)

Bagian depan DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)
Sementara bagian jok baris kedua dan ketiga bisa diatur secara fleksibel menghasilkan flat deck. Ya, bisa direbahkan flat, datar. Itu memungkinkan jadi “bagasi” yang  memudahkan dalam menyusun barang bawaan. 

Data dari DFSK, konfigurasi DFSK Glory 560 dengan jok baris kedua dan ketiga direbahkan bisa menghasilkan bagasi dengan dimensi 1.810mm x 1.300mm x 760mm (PxLxT). 
DFSK Glory 560. (Foto DFSK)
Ada hal yang lebih membuat nyaman adalah, ada 29 kompartemen penyimpanan barang! Ini pastinya membantu banget bagi yang bawa-bawa barang printilan saat berkendara jauh. 

Kembali ke bagian jok depan. Jok setir. Aku rasakan pegang setir, ukuran normal. Dilapisi kulit. Lihat bagian dasbor, manis terlihat lebih elegan. Bukan hanya manis di tampilan untuk bagian dasbor, tapi disematkan untuk kenyamanan dengan fitur untuk hiburan. 

Dijelaskan oleh salesnya, ada fitur untuk dengarin radio, music dan lainnya. Ehh ada juga layar 8 inci A/V System dengan display mengambang. Layar sentuh pada Glory 560 dilengkapi beragam fungsi seperti AM/FM radio, koneksi Bluetooth, pemutar musik, gambar, video. 
Layar 8 Inci DFSK Glory 560. (Foto DFSK)

Tuas DFSK Glory 560. (Foto DFSK)
Tak ketinggalan dilengkapi navigasi GPS, smartphone mirroring, dan rear view camera alias kamera parkir. Itu perlu dan penting bukan, untuk memudahkan berkendara. 

Nyalain mesinnya? Gampang, sudah ada push start-stop button. Tuk hidupin sekaligus untuk matiin mesin. 

Soal keselamatan diperhatikan banget. Ada fitur untuk keselamatan, dengan kelengkapan dua kantung udara atau airbag di depan. Ada juga electronic stability program (ESP) yang memberikan kendali kendaraan lebih baik di jalan licin. Fitur ESP ini berfungsi mencegah oversteer atau understeer. Jadi mobil tetap terkendali apabila ‘kepleset’ di jalan licin. Aman banget, gak kebanting. 

Untuk pengereman? 

DFSK Glory 560  sudah dilengkapi empat rem cakram di setiap roda. Rem parkir pun tak perlu tuas lagi karena sudah ada Electric Parking Brake (EPB) di tengah. Ada juga Anti-Lock Braking System (ABS] yang ditunjang dergan Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Hold Control (HHC), Emergency Brake Assist (EBA), Electronic Stability Control (ESP), dan Traction Control System (TCS).

Performa yang Handal

Menjajal naik DFSK Glorv 560 di area test drive sebagai penumpang. Di jalur yang terbatas, meski belum begitu bisa mengeksplore lebih dalam, namun kesan pertama untuk jalan dengan kecepatan rendah menuju sedang, cukup stabil. 

Sempat sebentar di trek lurus dan pendek, driver dari DFSK menggeber sesaat. Kemampuan mesin DFSK Glorv 560 ini terbilang keren dan mumpuni. Soalnya sudah dipersenjatai dengan mesin turbocharger berkapasitas 1,5 liter yang sanggup meletupkan tenaga 148 Tk pada putaran 5.600 rpm dan torsi di rentang putaran 1.800 - 4.000 rpm.  
Test drive DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)

Mesin DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)

Angka itu untuk transmisi manual. Sementara jika mobil transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), tenaganya sama torsi maksimalnya 220 Nm pada rentang RPM yang sama.

"Kombinasi transmisi CVT memberikan perpindahan gir yang halus, sehingga tenaga bisa tersalurkan dengan baik. Pengendara pun makin nyaman," jelas  Bpk Sugiartono selaku Product Technology & Training Team PT. Sokonindo Automobile saat talkshow tentang DFSK Glory 560. Pendapatnya itu diamini Mas Aris Harvenda yang bertindak sebagai moderator.
Bpk Sugiartono selaku Product Technology & Training Team PT. Sokonindo Automobile saat talkshow tentang DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)
Mesin turbo, disematkan pada DFSK Glory 560 pada mesin 1.500 cc turbo dan mesin 1.800 cc tanpa turbo. Pilihan transmisinya ada transmisi manual 6 percepatan dan CVT.

Sementara untuk mesin 1.800 cc naturally aspirated memiliki tenaga maksimal 139 daya kuda pada 6.000 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 187 Nm pada 3.600-4.200 rpm.

Lalu gimana suspensinya? Pastinya suspensi harus mendukung untuk berkendara jauh dengan beragam kontur  jalan. 

Nah untuk menjamin  kenyamanan berkendara, DFSK Glory 560 menggunakan suspensi model Five-link coil spring yang tidak rumit, area tidak besar, dan bisa meredam guncangan dengan baik. Biasanya suspensi model inilah yang banyak digunakan pada mobil-mobil premium. Soalnya dijamin  memberikan kestabilan di berbagai kontur jalan.
DFSK Glory 560 di ragam kontur jalan. (DFSK)
DFSK Glory 560 untuk Milenial, Family, Kenapa Tidak?

Menyimak fitur-fitur unggulan pada  DFSK Glory 560, rasanya cocok sebagai mobil SUV untuk generasi milenial yang berjiwa muda, jiwa yang aktif, dengan mobilitas tinggi. Untuk keluarga? Cocok karena SUV ini mampu bawa penumpang banyak. Untuk wanita karir yang dinamis? No problem.  

Untuk milenial, tentu mengidamkan sosok mobil yang bertenaga (turbo) seperti kemampuan yang dimiliki  DFSK Glory 560.  Benarkah tangguh?

Ketangguhan mesin turbo DFSK Glorv 560 ini ternyata sudah diuji batas khusus, dari dataran rendah ke dataran tinggi Qinghai di Tibet, dengan rata-rata ketinggian lebih dari 3.500 meter di atas permukaan laut, ke base camp Everest di ketinggian 5.200 meter. Itu kemampuan bukan main-main kan?
Rally Marina, mantan pembalap wanita. (Foto DFSK)
Kesaksian Rally Marina, mantan pembalap wanita yang mengakui keunggulan DFSK Glory 560 rasanya cukup mewakili, khususnya wanita aktif di era modern kini. 

Didukung oleh luasnya  kabin DFSK Glory 560 cocok para wanita yang aktif dan kerap membawa banyak barang bawaan untuk aktivitas sehari-harinya. Apalagi dilengkapi dengan 29 kompartemen penyimpanan barang. Puas banget pastinya para cewek.
Milenial oke juga dengan DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)

Wanita oke juga dengan DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)

Untuk cowok, seperti aku? Aku seeh suka kumpul dan jalan-jalan ramai-ramai. Apalagi generasi milenial. Coba siapa kaum milenial cowok yang gak demen jalan bareng genk, komunitas dan semacamnya? Pastinya harus ditopang dengan kendaraan yang lapang dan lega untuk rombongan. 

Keunggulan lainnya, soal performa mesin 1.5L berteknologi Turbochaged yang dibenamkan di DFSK Glory 560  yang menjadi terkuat di kelasnya, SUV Aktif untuk tujuh penumpang dengan mesin berteknologi turbocharged. Jelas kalau sudah untuk jalan, apalagi jalan jauh, mobil dengan performa mumpuni, lebih mengasyikkan dan gak bikin repot kalau pakai jalan dengan kontur jalan beragam. 

Terus keunggulan soal fitur yang bikin aman dan nyaman. Wajib ini. EPB, sistem pengereman cakram di keempat roda yang memberikan stabilitas ketika melakukan pengereman, Anti-Lock Braking System (ABS) yang ditunjang dengan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk memberikan pengereman yang presisi, Emergency Brake Assist (EBA) yang bisa diandalkan ketika melakukan pengereman mendadak, Hill Hold Control (HHC) yang bisa menjaga mobil di posisi tanjakan. 

Ada juga Electronic Stability Control (ESP) dan Traction Control System (TCS) yang menjaga kestabilan mobil ketika menikung, sampai Dual Airbag System, jelas sangat menjamin dalam berkendara dari risiko kecelakaan.

Ehh dah getu, kalau punya  DFSK Glory 560 ini gak perlu was was dan cemas, karena DFSK memastikan kualitasnya selama tujuh tahun melalui Super Warranty 7 Tahun / 150.000 kilometer. 
Garansi 7 tahun  DFSK Glory 560. (Foto Rahab Ganendra)
Coba mana ada mobil baru yang berani berikan garansi selama 7 tahun? Jelas ini sebuah kepastian dari produsen terhadap kualitas mobil produknya. 

Soo, selama 7 tahun pemakaian, bisa deh amand ari tanggungan  semua kerusakan komponen mesin, transmisi, kelistrikan, dan bagian body yang disebabkan oleh kecacatan komponen dan kesalahan pemasangan dari pabrik. Nantinya program ini akan mengganti dan memperbaiki kerusakan dengan cara penggantian komponen yang rusak secara cuma-cuma alias gratis. Apa gak enakkk? Hahaa 

Keunggulan lain DFSK Glory 560  adalah harga sangat kompetitif, bahkan boleh dibilang paling murah untuk kelas SUV. 

Saat dipamerkan di ajang IIMS 2019, per unit  DFSK Glory 560 dibandrol harga mulai dari Rp 189 juta. Eh pastinya ada promo-promo menarik loor.  Seperti paket skema down payment (DP) rendah selama Telkomsel IIMS 2019 kemarin.  Soo ceki-ceki deh di situs DFSK Motors ini. Pastinya soal harga ringan di kantong, dengan fitur yang memanjakan konsumen. Lengkap berlimpah.

Salam otomotif. 

@rahabganendra @spion_id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar