Mitsubishi menggebrak pasar otomotif tanah air dengan produk barunya nan elegan, yang disematkan pada Mitsubishi Xpander Limited Edition. Sesuai namanya hanya ada 1000 unit yang dikeluarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI). Hanya satu warna saja yakni Quartz Pearl White dan hanya satu tipe yang berbasis dari varian Ultimate transmisi matik. Mobil kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini di perkenalkan saat pembukaan IIMS 2019, di JIEXPO, Kemayoran pada 25 April 2019 lalu. Lalu apa saja unsur yang membuat Mitsubishi Xpander Limited Edition ini spesial?
Datang ke booth Mitsubishi di Telkomsel IIMS 2019, Jumat 3 Mei
2019 lalu dalam acara Kompas.com Blogger Gathering bareng Mitsubishi.
Kesempatan mengenal lebih dekat Mitsubishi Xpander Limited Edition edisi
khusus, keluaran Mitsubishi jenis LMPV yang
menawarkan ragam kelebihan untuk konsumen otomotif.
Xpander Limited Edition di booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Xpander Limited Edition, Istimewanya Edisi Khusus Mitsubishi
Melihat dari dekat, Mitsubishi Xpander Limited Edition berbasis Ultimate ini tampilannya lebih gagah
dan futuristik dibanding Xpander unit sebelumnya. Meski sepintas mirip
sebelumnya, ternyata ada pengembangannya yang mengindikasikan Mitsubishi
Xpander Limited Edition memang edisi khusus.
Paling terlihat di bagian eksteriornya bagian depan di kap
mesin, ada engine hood emblem “XPander.” Terus bagian pintu, ada perubahan
yakni pelindung gagang pintu. Dilengkapi dengan aero kit, fuel id gardnish, mirror
cover decal. Juga ada no seri “Limited Series Badge” tiap unitnya, mengingat Mitsubishi
Xpander Limited Edition yang
hanya diproduksi 1000 unit. Varian Limited ini juga menjadi tipe tertinggi
untuk jajaran line-up Xpander.
XPander di booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Unsur yang lebih mencolok dan menjadi sorotan utama dari
Mitsubishi Xpander Limited Edition yang dibandrol Rp 276,6 juta ini adalah pada
sisi kenyamanan dan kemewahan interiornya. Lihat joknya, dilengkapi penutup jok
sporty, hiasan ornamen, dan scuff plate.
Khususnya warna coklat jok kulitnya keren, beraroma mewah.
Aku demen banget nuansanya. Sementara dasbor dan beberapa panel aksen motif kayu alias wood
panel elegan banget. Berkelas. Secara
keseluruhan desain interior keren banget.
Dasbor dan bagian kemudi Xpander Limited Edition di booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Xpander Limited Edition tampak depan. (Foto Ganendra) |
Nah ragam modifikasi yang disematkan pada Xpander Limited
Edition tidak bisa ditiru atau diaplikasikan pada varian lainnya loor. Soalnya ada
beberapa part atau aksesori yang sengaja diciptakan Mitsubishi secara khusus
hanya untuk model yang tersedia 1.000 unit di Indonesia. Spesial banget ini.
Di luar keunggulan di atas, XPander Limited Edition ini dikenal
memiliki sembilan kelebihan. Seperti urusan suspensi, lembut, nyaman dan
stabil. Kabin lega dan senyap. Ada 20 tempat penyimpanan serbaguna, aman
dikendarai, irit bahan bakar, dan mesinnya dikenal halus.
Performa tangguh mesinnya hasil kombinasi mesin MIVEC 1.5 L
dan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan.
Dari segi keamanan sudah pasti ditopang dengan system keamanan
canggih. Ada ABS (anti lock braking system), Rice body (Reinforced impact
safety evolustion), HSA (Hill Start Assist), pedestrian protection, ASC (active
Stability Control), Dual SRS Airbag), dan ESS (Emergency Stop Signal). Memiliki
radius putar 5.2 meter. Masih oke untuk
berputar di area perumahan.
9 keunggulan Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Kampanye XPander, “Pinter Bener”
Saat ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show
(Telkomsel IIMS) 2019 yang berakhir 5 Mei 2019 lalu, Mitsubishi mempersembahkan kampanye terbaru untuk model flagship
small MPV Mitsubishi Motors, Mitsubishi XPANDER, bertajuk
“#PilihXPANDERPinterBener”. Tagline itu meneruskan tren positif dari tagline
sebelumnya “Tons of Real Happiness”.
Tujuan kampanye baru itu adalah guna memberikan edukasi
kepada konsumen pengguna Mitsubishi XPANDER maupun potential customer. Utamanya
mengenai keuntungan memiliki Mitsubishi XPANDER yang lebih besar dari harga
yang ditawarkan.
Terkait kampanye itu, terjalin erat dengan segmen keluarga
yang dibidik Xpander. Keluarga yang
direpresentasikan dari Program #PilihXPANDERPinterBener terdiri dari “Suami
PINTER” (Ringgo Agus) dan “Istri BENER” (Sabai Dieter).
Karakter Suami PINTER menggambarkan bahwa para suami
cenderung memprioritaskan fungsi dan tampilan serta menyukai hal-hal yang
berhubungan dengan teknologi. Sementara karakter istri BENER menggambarkan
bahwa istri yang selalu melakukan analisa lebih atas hal-hal yang lebih
memudahkan serta menguntungkan dan akan mempengaruhi keputusan yang diambil
suami. Jadi, suami pinter, istri pinter,
pilihannya ya Xpander. Hehee.
Mitsubishi XPander Limited Edition, Pinter Bener. (Foto mitsubishi-motors.co.id) |
Program #PilihXPANDERPinterBener secara lebih luas mencakup
beberapa hal penting dalam hal kepemilikan kendaraan. Nah inilah factor kalau pilih XPander itu
pinter.
1. Pinter biaya perawatannya. Setiap pembelian Mitsubishi
XPander, konsumen berhak atas smart package yang membuat biaya perawatan regular
mobil konsumen lebih hemat hingga 25%.
2. Pinter harga Spare part-nya. Pinter karena harga
sparepart-nya terjangkau. Konsumen dapat menikmati Rp. 0 (Gratis) biaya jasa
dan spare part untuk XPander sampai dengan 3 tahun/ 50 ribu Km.
3. Bener Mudah Cari Dealernya. Ada 284 dealer Mitsubishi
dengan 24 jam emergency service, serta 1886 service advisor dan mekanik yang
selalu siap sedia layani konsumen.
4. Bener Nyaman Mobilnya. XPander memberi standar baru pada
mobil keluarga dengan 4 fitur unggulan, yakni: mesin bertenaga, suspense stabil,
kenyamanan interior dan kabin yang lebih senyap di kelasnya. Tak heran XPander
diminati konsumen. Laris manis,
penjualannya mencapai angka 100.000 unit dalam 18 bulan.
“Pinter Bener” XPander untuk Milenials
Awalnya aku pikir Mitsubishi XPANDER cocok untuk Milenials karena
tampilannya yang futuristic. Tau kan, bagi anak muda, tongkrongan itu penting.
Tapi kemudian aku berpikir lebih seiring pilihan pinter memilih XPander.
Ternyata XPander bukan hanya menawarkan fitur lengkap,
kenyamanan maksimal serta tenaga yang besar, namun Mitsubishi XPANDER juga
menawarkan sebagai mobil dengan total
biaya kepemilikan yang menguntungkan. Nah untuk generasi milenial, dengan karakteristik
seperti itu sesuai banget. Apa artinya?
Aku pikir itu semacam investasi. Menguntungkan disamping
pemakaian. Itu terkait dengan resale value XPander yang cukup bagus dibanding kompetitornya.
Ya, maksudku Mitsubishi XPANDER memberikan keuntungan yang tercermin dari
layanan purna jual, fitur dan total biaya kepemilikan.
Lazim menjadi pertimbangan konsumen di tanah air dalam
membeli mobil, yakni purna jual. XPander memiliki harga yang sesuai dengan
kualitasnya, resale value atau harga jual kembali. Artinya XPander punya
potensi, saat dijual kembali ke pasar mobil bekas harganya tidak jatuh, malahan
bisa untung. Siapa yang gak suka karakteristik itu?
Apalagi milenials biasa suka gonta ganti mobil. Tak mau out
of date. Selalu mengikuti perkembangan baru termasuk soal mobil. Tapi milenials biasanya juga harus
memperhitungkan soal dana, keuangan. Harus pinter bener atur duit kan yak.
Nah salah satu aktivitas lainnya di booth Mitsubishi adalah
sharing soal mengelola keuangan. Terkait guna memperoleh atau membeli mobil
idaman. Seperti apa? Simak di bawah ini.
Sharing Kelola Keuangan di Booth Mistsubishi di IIMS 2019
Sesi talkshow bareng Farah Dini Novita dari Jouska ID, sebuah
perusahaan financial consultant, di booth Mitsubishi Motors. Seru dan
bermanfaat. Mbak Farah mengawali dari soal kebiasaan menabung sejak kecil. Tau
dong sejak kecil kita akrab dengan kebiasaan menabung.
Mbak Farah di booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Mbak Farah di booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Ramainya booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Ramainya booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Ya setiap generasi ada pola diajarkan menabung, tapi tidak
diajarkan smart spending. Jaman sekarang
godaan untuk menjadi konsumerisme sangat besar. Jadi perlu dong kita mesti
Pinter Bener soal atur dana. Memahami spending
yang tepat, banyak kebutuhan, keinginan seperti pengen punya mobil.
Bagaimana tips dan triknya?
Ada beberapa poin yang aku catet, saran dari mbak Farah soal membeli mobil.
1. Tentukan harga mobil yang sesuai dengan kantong.
2. Pilihlah mobil yang baru serta penuh dengan jaminan dari ATPM agar tak susah nantinya. Misalnya beli Mitsubishi
Xpander karena ada jaminan gratis
sparepart dan jasa selama 3 tahun. Kalau beli cicilan gimana?
2. Kalau ada dana mending beli mobil tunai. Kalau cicilan tak masalah namun pikirkan
seberapa panjang/ lama cicilan itu.
3. Siapin uang muka/ DP nya. Jika DP besar, cicilan murah.
4. Pikirkan Butterfly efek. Ada biaya apa selain harga belinya, seperti soal
bayar pajak, modifikasi dan lain-lain.
5. Ada formula soal cicilan. Rasio cicilan total tak boleh 30% dari
penghasilan. Total cicilan yang dimiliki loor, bukan hanya mobil saja. Misalnya
cicilan rumah dan lainnya. Lalu kenapa 30%? Soalnya harus tetap menabung. Ingat
menabung itu keharusan. Soo, jangan sampe cicilan membebani jangka panjang.
6. Dana darurat, tak boleh diutak atik. Misalnya kehilangan pekerjaan,
perhitungkan berapa uang/ dana bisa untuk bertahan hidup.
Keren kan sharingnya? Bener-bener kelola keuangan itu harus
pinter, agar tak terjerembab saat mengikuti hasrat membeli mobil ataupun
kebutuhan lainnya.
Foto gue di booth Mitsubishi di ajang Telkomsel IIMS 2019. (Foto Ganendra) |
Ehh di booth Mitsubishi juga sempat seseruan, foto booth
rame-rame. Dah getu bisa pula mejeng di samping Xpander AP4 concept. Apa tuh?
Itu loor, konsep mobil untuk balapan yang sedang dikembangin Rifat Sungkar.
Jadi
pengen bikin yang modek AP4. Tapi kudu beli dulu deh XPandernya. Pilihanku ya
jelas Xpander Limited Edition. Biar jadi salah satu dari 1000 pemiliknya hehe.
Kalau kamu pilih mana? #SalamSpioner.
@spion_id
@rahabganendra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar